Diberdayakan oleh Blogger.

Sistem Imun Yang Mengusir Virus Entrepreneur

Istilah virus entrepreneur bisa diartikan sebagai suatu semangat entrepreneur yang mampu mempengaruhi seseorang untuk menjadi seorang entrepreneur, baik dalam pengertian entrepreneur sebagai filosofi maupun entrepreneur sebagai profesi.

Dalam kehidupan sehari-hari setiap orang mempunyai sistem kekebalan tubuh (sistem imun) yang mampu menangkal datangnya virus-virus yang bisa menurunkan sistem imun seseorang, sehingga kalau sistem kekebalan tubuh menurun maka berbagai penyakit dapat menyerang kondisi kesehatannya.

Demikian juga dalam dunia entrepreneur, maka virus entrepreneur (semangat entrepreneur) bisa hilang dari dalam diri seseorang, karena sistem imun yang kontra dengan semangat entrepreneur mampu menghalangi bahkan mampu menghilangkan virus entrepreneur / semangat entrepreneur. Berikut pendapat saya tentang beberapa sistem imun yang mampu mengusir virus entrepreneur yang saya simpulkan dari beberapa faktor, seperti faktor mind set, faktor lingkungan, faktor mentor, faktor pengalaman & faktor mitos, yaitu :

1.Mempunyai beberapa mentor entrepreneur yang dalam pengajarannya para mentor tersebut bertolak belakang, mentor yang satu mengajarkan proses yang teratur, sementara mentor yang satunya mengajarkan proses yang meloncat-loncat.

2.Mendapatkan mentor yang salah, seperti mentor yang hanya mencari keuntungan pribadi, mentor yang bukan ahli dibidangnya dll. Sehingga peserta didik mendapatkan persepsi dan pengetahuan yang salah.

3.Cara berbisnis dan contoh yang kurang baik dari sesama lingkungan entrepreneur, beberapa cara yang kurang terpuji mampu menanamkan negative image terhadap dunia entrepreneur. Karena saking luasnya filosofi bisnis dan etika bisnis maka dalam dunia entrepreneur juga muncul berbagai cara yang berbeda-beda.

Namun sesuatu yang positif jika dikomunikasikan dan dilakukan dengan cara yang negatif bisa menjadi negatif. Contoh sistem pemasaran MLM sebagai salah satu sistem marketing yang konsepnya positif, karena dikomunikasikan dan dijalankan dengan cara-cara yang negatif, maka bisa dilihat kenyataanya sekarang bahwa akhirnya setiap orang mendengar MLM adalah sebagai sistem yang negatif. Apakah virus entrepreneur juga akan menjadi negatif di Indonesia...? kita lihat saja perkembangannya.

4.Faktor lingkungan keluarga yang tidak mendukung sama sekali, terutama lingkungan keluarga inti, seperti orang tua, suami/istri yang tidak mendukung akan menjadi sistem imun yang mujarab memadamkan virus entrepreneur.

5.Tidak menjalani proses, namun memahami dunia entrepreneur seperti membuat mie instant, yang serba instan dan sim salabim, padahal dalam dunia entrepreneur butuh pendewasaan proses jatuh bangun. Pemahaman instant kalau kita ikut seminar bagaimana menjadi orang kaya, maka kita akan langsung kaya dengan mudah, padahal semuanya butuh proses dan pengalaman jatuh bangun, kerja keras dan kerja cerdas dengan hati yang penuh penjiwaan.

Mungkin masih banyak sistem imun lain yang mampu menghapus virus entrepreneur, sudah selayaknya kita yang masih perduli dengan dunia entrepreneur akan terus menyebarkan virus entrepreneur, baik dalam pengertian entrepreneur sebagai filosofi dan pengertian entrepreneur sebagai profesi.

Note :
Saya ambil tulisan ini dari blognya mas adib (Barakallah alaih) dengan sedikit tambahan gambar biar lebih menarik :)

ads

Ditulis Oleh : Man Santri Hari: 06.57 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 

Analystic

Dr.5z5 Open Feed Directory Santri Bantat